no copy

Sunday, November 23, 2014

Keyboard Virtual



Virtual Laser Keyboard (VKB) merupakan sebuah teknologi revolusioner yang dibuat untuk memudahkan penggunaannya, terutama para pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dan membutuhkan keyboard untuk mengetik. Menggunakan teknologi Laser Beam untuk menghasilkan secara sempurna tampilan keyboard yang dapat langsung ditekan. Virtual Laser Keyboard ini secara logika akan memberikan clock seperti pada keyboard sebenarnya, pada Virtual Laser Keyboard ini jika proyeksi laser yang tampil terhalangi (ditekan), maka secara otomatis akan dikenali sebagai pemberian clock pada interface.



Virtual Laser Keyboard dari study adaptable teknologi adalah pengenal gerakan jari untuk menafsirkan dan menekan keystroke, karena virtual keyboard merupakan sebuah gambar terang yang diproyeksikan dan akan menghilang apabila sedang tidak digunakan, hal ini bertujuan untuk menghemat baterai. Kelebihan dari keyboard ini antara lain anti-shock, anti-air, anti-api, dan lain-lain.
Dengan ukuran yang lebih ringan dari pematik korek api Zipo, menggunakan Laser Beam untuk menghasilkan ukuran dengan sempurna dan beroperasi  memungkinkan pengguna untuk menggunakan Virtual Laser Keyboard sebagai input teks atau mengirim email seperti menggunakan keyboard komputer biasa.
Sekarang timbul suatu pertanyaan, Dimana kita bisa menggunakan Virtual Laser Keyboard ini?
Kita bisa menggunakan Virtual Laser Keyboard ini di semua jenis PC karena sudah didukung dengan adanya USB slot yang tentu saja mempermudah user (pemakai), karena sudah user friendly (familiar) dengan perangkat ini. Selain pada PC perangkat ini juga bisa digunakan pada perangkat lain, diantaranya :
  • Personal Digital Assistant (PDA)
  • Telepon Selular (HandPhone)
  • Tablet PC
  • Personal Computer (PC)
  • SmartPhone
  • MAC
  • dan lain-lain.
Virtual Laser Keyboard dapat mendukung peralatan-peralatan di atas, dikarenakan adanya device pendukung seperti, Bluetooth, USB slot, bahkan ada yang sudah menggunakan teknologi WiFi. Virtual Laser Keyboard menggunakan lampu proyeksi yang penuh seukuran keyboard komputer di hampir semua permukaan. Pada PDA dan SmartPhone digunakan sebagai keyboard yang praktis untuk menulis email, kata-kata, dan spreadsheet yang memungkinkan pengguna untuk meninggalkan laptop dan komputer rumah.
Dalam dunia PC desktop, program windows XP, keyboard virtual atau yang disebut juga On-Screen Keyboard, bekerja secara virtual bukan hanya sebagai keyboard, melainkan juga sebagai mouse.
Untuk pengoperasian Personal Data Assistant (PDA), biasanya user atau pengguna, memasukan teks melalui pengetikan di keyboard virtual yang sudah ter-setting dalam sistem operasi PDA. Sedangkan untuk virtual keyboard dengan teknologi tinggi, penggunaan keyboard dibuat hanya melalui cahaya yang muncul. Cahaya yang dimunculkan hanya perlu diproyeksikan pada semua permukaan datar.
Penggunaan keyboard virtual ini sangat ideal untuk digunakan di luar angkasa. Sensor akan terbaca via infra merah, sesuai dengan apa yang kita ketik pada keyboard tersebut.
Cara kerja Virtual Laser Keyboard :
  1. Sinar laser akan menampilkan bentuk keyboard sesuai dengan level permukaan yang dibiaskan.
  2. Bias infra merah yang transparan akan diproyeksikan menjadi keyboard virtual.
  3. Pengetikan yang dihasilkan melalui jari, akan menimbulkan key-stroke. Penekanan oleh jari inilah yang menyebabkan pertemuan antara pancaran dan sinar infra merah secara bersamaan, yang menghasilkan refleksi langsung ke proyektor.
  4. Refleksi infra merah akan melewati penyaring infra menuju kamera.
  5. Kamera lantas mengambil gambar sesuai dengan penangkapan dari infra merah.
  6. Chip dari sensor akan memperbaiki letak pancaran infra merah yang rusak, kemudian menerjemahkannya dalam koordinat.
  7. Karakter-karakter yang tercipta akan tampil pada layar, dengan menggunakan koordinat yang diterima secara wirelessly atau tanpa kabel.


Sumber

1 comment: